Koneksi Internet Via Wvdial Rfcomm

Internet pada jaman sekarang adalah kebutuhan yang tak terhindarkan bagi saya dan bagi elu-elu semua sedikit pengalaman bagi yang ingin koneksi internet menggunakan media handphone via bluetooth di linux. ada pun yg saya gunakan yaitu wvdial. wvdial ialah aplikasi berbasis text mode yg powerfull untuk melakukan dial up kejaringan(sengaja gak pake blueman karna cukup berat dan sering crash wkwkwkwwk).Dengan menggunakan handphone nokia 2865 milik saya. berikut langkah2 nya

1.rio@rio-laptop ~ $ sdptool search dun
Inquiring ...
Searching for dun on 00:19:4F:56:E7:56 ...
Service Name: Dial-up networking
Service RecHandle: 0x10000
Service Class ID List:
"Dialup Networking" (0x1103)
"Generic Networking" (0x1201)
Protocol Descriptor List:
"L2CAP" (0x0100)
"RFCOMM" (0x0003)
Channel: 1
Language Base Attr List:
code_ISO639: 0x656e
encoding: 0x6a
base_offset: 0x100
Profile Descriptor List:
"Dialup Networking" (0x1103)
Version: 0x0100
2. masuk ke terminal ketik "sudo nano /etc/bluetooth/rfcomm.conf
berikut hasil konfigurasi saya
rfcomm0 {
bind yes;
device 00:19:4F:56:E7:56;
channel 1;
comment "Nokia 2865";
}
3. WARNING!! perhatikan yang di cetak tebal diatas, hasil sudah pasti beda dengan perangkat handphone yang kita miliki, jadi tinggal di ganti dengan hasil "sdptool search dun" yg sobat dapatkan.
4. berikut kita konfigurasi wvdial dengan mangetikkan "sudo nano /etc/wvdial.conf" sobat bisa copy paste settingan saya berikut :
[Dialer Defaults]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
Baud = 9600
Modem = /dev/rfcomm0
Phone = #777
Username = ....
Password = ....
Auto DNS = 2
Stupid Mode = 1
ISDN = no
Carrier Check = no
untuk user name dan password silahkan sobat isi sesuai hasil registrasi dari provider anda
5. WARNING LAGI!! yang saya tulis di atas ialah konfigurasi buat operator CDMA. buat GSM tunggu postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar